psychological tests Part 1


Tes psikologi adalah tes untuk mengukur aspek-aspek individu secara psikis, dalam hal ini yang diukur adalah kecenderungan perilaku. Tes biasanya berbentuk tertulis namun dalam beberapa tes ada juga yang bersifat verbal atau visual, misalnya saja evaluasi yang teradministrasi untuk mengukur fungsi tertentu. 


Yang paling umum adalah mengenai kognitif (biasa disebut intelligence atau IQ) dan afektif (lebih bersifat pesonality atau juga emosional). Adapula yang mengukur langsung secara konatif, biasanya umum dilakukan dalam tes assessment. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

Tes psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemempuan secara mental dan apa-apa yang medukungnya, termasuk prestasi dan kemmpuan, kepribadian, intelegensi atau bahkan fungsi neurologis. (Sumber)

Ini adalah beberapa contoh tes psikologi yang dapat kamu coba:

(cr:Kokology(@LINE))

Tes psikologi ini membutuhkan alat tulis dan selembar kertas. Jawaban yang kamu tulis tidak boleh diubah dan sesuai dengan pemikiran pertama kamu.



Pertama-tama tulislah angka  1-11 vertikal kebawah, lalu ikuti langkah-langkah berikut!
1. Di samping angka 1 dan 2 tulislah 2 angka kesukaan kalian
2. Di samping angka 3 dan 7 tulislah 2 nama teman lawan jenis kalian yang kamu kenal
3. Di samping angka 4 sampai 6 tulis 3 nama orang yang kalian kenal (boleh perempuan/laki-laki/tema/keluarga)
4. Di samping angka 8 sampai 11 tulislah 4 judul lagu yang kamu suka

Berikut ini merupakan arti dari jawaban kamu :
1. Nama yang ada di angka 3 merupakan seseorang yang kamu cintai

2. Nama yang ada di angka 7 merupakan seseorang yang kamu cintai, namun cinta kamu bertepuk 
sebelah tangan

3. Nama yang ada pada angka 4 merupakan seseorang yang penting/berpengaruh dalam hidup kamu, nama yang ada pada angka 5 merupakan seseorang yang sangat mengerti kamu, nama yang ada pada angka 6 merupakan seseorang yang membawa keberuntungan bagi kamu

4. Judul lagu pada angka 8 merupakan lagu untuk orang pada angka 3

5. Judul lagu pada angka 9 merupakan lagu untuk orang pada angka 7

6. Judul lagu pada angka 10 merupakan lagu yang pas banget di hati kamu

7. Judul lagu pada angka 11 merupakan lagu yang menggambarkan kehidupan kamu saat ini


Test 2 : 
  
Kamu sedang memasuki sebuah ruangan yang didalamnya terdapat sembilan kursi dengan berbagai macam warna, bentuk dan gaya
Jika kamu hanya boleh memilih satu dari nomor 1-9, kursi nomor berapakah yang akan kamu duduki?

 
Makna jawaban kamu :
Kursi yang kamu pilih mewakili sebagian besar kepribadianmu

1. The armchair psychologist
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian mendengarkan cerita dan selalu pensaran dengan kisah hidup orang lain. Kamu sering terlihat sederahana dan pasif, walaupun sebenarnya kamu aktif dan analitis. Mempelajari manusia adalah hal yag menarik bagimu

2. The armchair scientist
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian merencanakan ide atau proyek baru. Kamu senang bereksperimen, menemukan dan menciptakan. Kamu sering terlihat obsesif namun kamu tidak pernah membiarkan obsesimu keluar batas.

3. The armchair spiritual leader
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian hanya untuk menemani seseorang yang butuh teman. Menolong orang lain selalu membuatmu bahagia. Kehadiranmu membawa kesenangan dan ketenangan bagi mereka yang biasanya sulit dihibur. Kamu adalah orang yang mudah berbaur sehingga banyak orang senang akan kehadiranmu.

4. The armchair scholar
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian membaca buku yang kompeks dan tenggelam dalam dunia penuh ide-ide rumit. Kamu sering memberi kesan acuh tentang hal-hal yang terjadi di dunia walau sebenarnya kamu tertarik. Kamu senang belajar sesuatu hingga sangat dalam dan serius.

5. The armchair traveler
kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian di kereta atau pesawat dan melihat indahnya dunia lewat jendela. Kamu penjelajah yang gemar mencari hal-hal baru dan mengunjungi tempat baru. Kamu sering mudah risau akan hidup dan berkelana adalah obatmu.

6. The armchair business person
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian bekerja. Kamu bertekad untuk sukses dan menyerah bukanlah pilihanmu. Kamu pekerja yang keras yang tau tujuanmu dan tidak pernah takut dalam mengerjakan sesuatu.

7. The armchair critic
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian menghibur orang lain dengan lawakan tajam. Kamu selalu ingin tampil berkelas. Kamu senang berkomentar dan mengkritik serta bisa mendeteksi kualitas sesuatu dengan mudah. Kamu selalu ingin hal-hal terbaik terutama untuk hidupmu.

8. The armchair philosopher
Kamu adalah tipe orang yang bisa duduk seharian tanpa membuat orang lain bosan. Dalam hidupmu, selalu ada hal-hal menarik yang terjadi. Kamu pribadi unik, senang melakukan hal-hal aneh yang tidak biasa, namun keunikan sering membuat orang lain terhibur.

9. The armchair novelist

kamu merupakan tipe orang yang bisa duduk seharian tanpa berfikir dan berimajinasi. Kesan pertama darimu adalah pemalas, mudah tenggelam dalam dunia dan melupakan realita. Kamu punya banak hal menarik di otakmu, tapi tidak cukup disiplin untuk merealisasikannya

To be continued..

Comments