Oke kali ini kita akan coba mengulik lebih dalam mengenai
kendaraan Vespa .Sejak dahulu motor Vespa diciptakan dalam beberapa model yang
sangat beragam. Walaupun dari segi bodi terlihat sama tapi jika dibedah lebih
detail maka akan terlihat perbedaan spesifikasinya.
Vespa PX pertama kali diproduksi pada tahun 1977 di kota Milan sebagai model
garis baru (new line) atau dalam bahasa Italy
yaitu Nouva Linea .Varian pertama vespa ini dibuat dengan mesin 125 cc
kemudian ada juga model P 200 E yang telah menggunakan pengapian secara
elektronik sesuai kode huruf āEā .Kalo yang ada pada gambar ialah vespa PX 150
yang diproduksi tahun 1983. Vespa Px sendiri mampu diubah kebeberapa gaya
sesuai keinginan pemiliknya .Kalo pada gambar memang kesan kesederhaan sangat
lah hadir .Karena hanya cat hitam mutiara ditambah sedikit list almunium putih
di lampu dan sekitar bodi depan.
Sistem pengapian elektronik ini kemudian diterapkan juga pada model lain yang disebut Vespa PX 125 dan Vespa PX 150E, dan pada tahun 1982 Vespa P 200 E kemudian kemudian dikenal dengan nama PX 200E. Setahun kemudian Vespa seri Arcobaleno diperkenalkan sebagai model untuk dipasarkan di luar negara Italy sebagai seri Lusso, dengan inovasi teknologi baru berupa pemisahan tempat bahan bakar dan oli samping. Selain itu kampas rem depan juga dirubah posisinya menjadi lebih terpusat dengan kabel yang terpisah untuk memudahkan perawatan. Lalu kunci kontak juga dibuat menyatu dengan kunci leher stang. Beberapa penyesuaian kecil juga terlihat pada bagian tubuh seri Vespa ini, misalnya desain baru pada bagian hidung ataui grille yang merupakan rumah tinggal bagi klakson, ukuran box peralatan yang berada dibawah stang juga mengalami perubahan dengan ukuran yang lebih besar.

Memasuki era milenium baru pada tahun 2003 hadir Vespa PX 200 Millenium yang memiliki daya maksimum sebesar 12 Bhp dengan kecepatan maksimal sebesar 95 km/jam dan sudah memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 2. Sayangnya pada tahun 2007 Vespa PX harus berhenti produksi karena tidak memenuhi standar uji emisi gas buang Euro 3 dan penjualan terakhirnya diberi nama seri Ultima (seri terakhir) sebagai edisi terbatas yang memilikiwindshield dan rak bagasi depan berlapiskan krom serta velg krom dengan ban strip putih(white wall).
Pada tahun 2011 Piaggio kembali memproduksi Vespa PX dengan nama New PX 150 yang diperkenalkan melaui pameran EICMA Show di kota Milan setahun sebelumnya. Mesin Seri PX terbaru ini masih menggunakan desain mesin 2-stroke dengan kapasitas 125 dan 150 cc dari seri sebelumnya, namun pada PX 150 terbaru ini mengalami penambahan sebuah analytic converter yang berfungsi agar gas buang yang dihasilkannya memenuhi standar Euro 3. Jok New PX 150 2011 dibuat menyatu untuk lebih memberikan kenyamanan kepada penumpangnya. Selain itu fitur starter elektrik juga turut memberikan kemudahan untuk menyalakan mesin Vespa PX terbaru ini.
Ditengah ramainya kehadiran motor matik, Piaggio justru memepertahankan style-nya pada model Vespa New PX 150 ini, dengan ciri khas mesin 2 tak yang sangat responsif dan bodi PX yang klasik motor ini mampu menarik minat para penggemar fanatiknya.
Comments
Post a Comment