Kawasaki Binter Merzy Kz200



Kawasaki memasarkan produk pada tahun 80-an dengan kapasitas mesin besar dengan nama Binter Merzy atau Binter Merzy Kz200 dengan kapasitas mesin 200cc dan bermesin 4-tak. Binter Merzy dengan kapasitas besar ini hanya menggunakan silinder tunggal. Pada masanya Binter Merzy ini merupakan sepeda motor berkapasitas mesin paling besar.
                

Binter Merzy merupakan motor Kawasaki yang dipasarkan di Jepang sejak tahun 1979 silam dan memasarkan produk di Indonesia sejak tahun 1980. Nama Binter sendiri diambil dari singkatan Bintang Terang. Bintang Terang sendiri merupakan nama dari sebuah perusahaan yang memproduksi motor tersebut di Indonesia. Konon perusahaan tersebut diberitakan bahwa pemiliknya adalah seorang buronan koruptor, sehingga kasus tersebut membuat PT. Bintang Terang Indonesia harus gulung tikar dan meberhentikan produksi sekitar tahun 1985.
                
Binter merzy dibagi menjadi 2 tipe yaitu pengapian platina yang diproduksi sampai tahun 1982 dan pengapian CDI yang dimulai pada tahun 1983 hingga 1985 yang sudah menggunakan stater tangan, rem cakram depan dan system kelistrikan DC 12 volt sehingga membuat motor tersebut memberi rasa nyaman saat digunakan untuk jarak jauh.


Dengan menggunakan engine SOHC 2 Valve bersilinder tunggal sepeda motor ini mampu tembus 18 HP @ 8.000 RPM dengan torsi maksimal di angka 16,5 N.m @ 7.000 RPM. Untuk kategori motor klasik jaman sekarang Binter Merzy udah merupakan motor yang cepat dan nyaman. Binter Merzy ini dapat manampung BBM hingga 9,5 liter. 
                
Dengan perkembangan zaman Binter Merzy sudah banyak yang disulap menjadi berbagai motor custom, seperti contohnya motor satu ini.


Ini merupakan salah satu contoh motor Binter Merzy yang sudah dicustom menjadi japstyle dan masih ada banyak jenis customan lagi yang dapat mempercantik motor klasik ini.


Walau motor ini sudah tua, masih banyak yang ingin memliki motor klasik ini mulai dari kalangan anak muda dan tua karena motor Binter Merzy ini tidak diproduk secara banyak sehingga para pecinta motor klasik ini dapat membandrol harga yang cukup besar untuk memiliki motor tersebut. Meskipun memiliki desain yang sudah kuno, motor ini masih tetap eksis terutama untuk pecinta motor klasik.

Comments